Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

ULAT SUTERA (Bombyx mori L)

Buat yang belum pernah melihat serangga ini, mungkin akan beranggapan kalau ulat yang ada dalam gambar di samping adalah ulat yang menakutkan. Namun siapa tahu kalau ulat yang satu ini sangatlah baik, selain tidak menimbulkan gatal kalau disentuh ulat ini juga bisa menghasilkan uang yang banyak. Hmmmm...penasaran dengan ulat yang satu ini......? lanjutin za bacanya....^_^

Ulat yang ada dalam gambar ini adalah Ulat Sutera (Bombyx mori L). Ulat Sutera dimanfaatkan manusia untukdiambil seratnya sebagai bahan baku pembuatan kain yang bermutu tinggi "itulah kenapa tadi saya sempat bilang kalau ulat ini dapat menghasilkan uang".

Boilogi Ulat Sutera

Ulat Sutera (Bombyx mori L) termasuk serangga yang selama hidupnya mengalami metamorfosa sempurna, dimulai dari telur, ulat (larva), pupa, dan ngengat (imago). Ulat sutera termasuk endopterigosa, yaitu serangga yang perkembangan sayapnya terjadi di dalam badan dan fase pradewasa berbeda dengan dewasa, baik dalam perilaku, makanan maupun bentuknya.

Adapun Sistematika dari Ulat Sutera (Bombyx mori L) adalah sebagai berikut:
- Regnum  : Animalia
- Phylum  : Arthropoda
- Kelas : Insekta
- Ordo : Lepidoptera
- Famili  : Bombycidae
- Genus  : Bombyx
- Species  : Bombyx mori L

Makanan dari ulat sutera adalah daun murbei, dan sejauh ini belum ada yang bisa mengganti pakan ulat sutera selain daun murbei.Karena makanannya hanya daun murbei, maka usaha pemeliharaan ulat sutera sangat tergantung pada tanaman ini. Tahun 1991, di daerah Lampung dilakukan percobaan memberi makan ulat sutera dengan menggunakan daun singkong. Sampel ulat yang dipelihara dengan pakan daun singkong ternyata bisa hidup normal, menghasilkan kepongpong, menjadi serangga dewasa dan mampu bertelur. Namun terobosan yang dilakukan oleh BPP Teknologi Lampung ini baru dalam tahap penelitian.

Siklus Hidup Ulat Sutera
Telur yang baru menetas berupa larva yang di seluruh permukaan tubuhnya dipenuhi oleh bulu halus berwarna hitam yang disebut seta. Ulat yang baru menetas memiliki panjang 3 mm. Setiap hari tubuh ulat akan bertambah panjang karena terus diberi pakan. Setelah satu hari dari menetas tubuh ulat bertambah menjadi 7 mm dengan permukaan kulitnya mengkilap. Hal ini terjadi karena seta pada tubuh ulat mulai berkurang dan menghilang. Setelah itu ulat akan berhenti makan sekitar 24 jam. Pada saat itu ulat akan menggantikan kulit yang lama dengan kulit yang baru (ekdisis). Karena selama masa larva ganti kulit berlangsung selama 4 kali, maka terdapat 5 periode makan yang lebih dikenal dengan instar. Panjang masa makan berbeda tergantung dari instar dan galurnya. Pada instar V tubuh ulat akan mencapai panjang maksimum 70 mm dan makan dengan rakus (Atmosoedarjo dkk., 2000).  
  • Telur ulat sutera berbentuk bulat lonjong, panjang 1,3 mm, lebar 1 mm dan tebal 0,5 mm. Warna telur pada saat keluar putih kekuning-kuningan namun lama kelamaan 2-3 hari telur tersebut berubah menjadi abu-abu kehijauan (Departemen Kehutanan, 1998)
  • Ulat kecil yaitu ulat yang berumur 1-12 hari dan terbagi kedalam tiga instar atau fase yaitu instar I (1-4 hari), instar II (5-7 hari), III (8-12 hari). Ulat kecil memerlukan temperatur tinggi dan kelembaban tinggi. Temperatur terlalu rendah akan berpengaruh terhadap kualitas kokon (Nunuh, 2002).
  • Ulat besar yaitu ulat yang berumur antara 13-25 hari, tergantung ketinggian tempat. Ulat besar terbagi kedalam dua instar atau fase yaitu instar  IV dan instar V.  
  • Menurut Atmosoedarjo, dkk (2000), kokon adalah materi yang terbuat dari lapisan serat serat sutera, dan berisi pupa. Kokon merupakan hasil akhir dari pemeliharaan ulat sutera yang nantinya akan diproses menjadi benang melalui proses pemintalan.  
  • Pupa merupakan tingkat istirahat dalam pertumbuhan atau metamorfosa ulat sutera (serangga), setelah larva sebelum menjadi ngengat atau imago di dalam kokon, (Atmosoedarjo, dkk  2000).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Hamz mengatakan...

Wah...ternyata mmh berbakat juga nih tulis menulis..salut deh beneran asli ga nyangka hehe

Silk Princess mengatakan...

hehe bisa za....makasi buat dukungannya....

Poskan Komentar