Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

MORFOLOGI ULAT SUTERA (Untuk Bagian Organ Luar)

Bentuk dan Struktur Larva

Bentuk tubuh ulat terbagi menjadi 3 bagian utama, yaitu kepala, thoraks, dan abdomen. Ulat sutera yang biasa dipelihara mempunyai bintik hitam kecoklatan yang disebut bintik mata. Karena penempilannya, kebanyakan orang yang melihat ulat ini untuk pertama kali mungkin salah, menganggap bintik mata sebagai mata, dada sebagai kepala, dan kepala sebagai mulut.


 1. Kepala
Kepala ulat sutera meskipun kecil memiliki struktur yang kompleks. Di bagian kepala terdapat sepasang antena yang merupakan organ syaraf/perasa. Antena ini terdiri dari 3 segmen pendek. Di pangkal antena ada sepasang mandibula (rahang) bersebelahan yang bergerak ke sisi untuk mengigit daun murbei. Mulut ada diantara mandibula, daun yang digigit masuk melalui bagian ini. Ada satu lingkaran kecil di pusat dibawah mulut, yaitu spineret. Spineret adalah tempat keluarnya filamen sutera. Filamen sutera keluar dari lubang yang ada diujung spineret tersebut. Pada kedua sisi spineret ada sepasang organ yang nampak seperti antena kecil yang disebut maksilla yaitu organ perasa yang berfungsi untuk mengidentifikasi makanan. Disisi yang lain pada dasar antena, ada 6 pasang lingkaran kecil berbentuk setengah bulatan, yaitu mata. Mata pada ulat sutera tidak seperti mata majemuk (pada ngengat), melainkan ocelli atau mata tunggal yang tidak mengenal bentuk dari objek yang nampak, tetapi hanya bisa melihat antara terang dan gelap. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

2. Dada (Thoraks) dan Perut (Abdomen)

Tubuh ulat sutera terdiri dari 13 segmen. Dibagia paling depan adalah kepala yang dibungkus kulit keras yang berwarna hitam kecoklatan. Selanjutnya ada 3 segmen berurutan, ketiga segmen tersebut tersusun berurutan yaitu prothoraks, mesothoraks, dan metathoraks.Sembilan segmen terakhir disebut abdomen. Segmen ke 3,4,5,6 dan segmen terakhir masing-masing mempunyai sepasang kaki, yang disebut kaki abdomen. Kaki abdomen terakhir yang paling besar disebut kaki kaudal. Kaki abdomen tidak mempunyai segmen dan disebut proleg. Sedangkan tanduk yang ada pada segmen ke-8 disebut tanduk kaudal. (Mungkin buat yang baca pada bagian abdomen agak pusing, soalnya saya sendiri waktu ngetiknya pusing, ditanyain za ya kalau gak ngerti, hehehe).

3. Perbedaan antara Larva (ulat) Jantan dan Betina
 

Dapat dilihat pada gambar diatas, larva jantan mempunyai 1 titik dari kelenjar Herold pada abdomen perbatasan antara segmen ke-11 dan 12, sedangkan larva betina sepasang bintik kecil pada bagian abdomen segmen ke-11 dan 12. Bintik-bintik tersebut disebut kelenjar Ishiwata depan dan kelenjar Ishiwata belakang. Waktu yang paling tepat untuk membedakan kedua jenis kelamin adalah pada awal instar V, tepat setelah ganti kulit yang ke-4. Akan tetapi karakteristik ini sulit dilihat dengan mata biasa, oleh karena itu identifikasi hanya dilakukan oleh para ahli.


Sumber : 
Atmosoedarjo, H.S. J. Katsubrata., M. Kaomini., W. Saleh. dan W. Moerdoko., 2000. Sutera Alam Indonesia. Jakarta: Sarana Wana Jaya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

manfaat nih mahpastinya....thanx sharenya ya.
ditunggu posting selanjutnya ya...

Posting Komentar